java
Package dan Java Kelas
Hy guys kembali lagi dalam pembahasan java. Kali ini pembahasannya berjudul Package dan Java Kelas. Package dipakai untuk mengelompokkan file kelas yang terkait pada direktori yang sama, dimana dalam setiap kelasnya terdapat directive package yang mengacu pada direktori tersebut. Java kelas dibagi 2 yaitu kelas string dan kelas math. Kelas String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas Math adalah kelas yang terdapat pada paket java. lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Langkah-langkah Praktikum
Pertama buat folder baru yang berjudul makhlukhidup
A. Membuat program Manusia. java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama= " ";
public Manusia (String nama) {
this. nama=nama;
}
}
B. Membuat program Tumbuhan. java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama= " ";
public Tumbuhan (String nama) {
this. nama=nama;
}
}
Buat foder hewan didalam folder makhlukhidup, letakkan program C dalam folder ini.
C. Membuat program Burung.java
//file Burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup. hewan;
public class Burung {
public static final boolean bisaTerbang=true;
public String nama= " " ;
public Burung (string nama) {
this. nama=nama;
System. out. println ( "Nama burung:" +nama) ;
}
}
Program D dan E diletakkan diluar folder makhlukhidup
D. Membuat program MainMakhlukHidup. java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
public class MainMakhlukHidup {
public static void main (String [] args) {
makhlukhidup. Manusia m=new makhlukhidup. Manusia ( "Sayuti");
System. out. println ( "nama:" +m. nama);
makhlukhidup. Tumbuhan t=new makhlukhidup. Tumbuhan ( "Palem") ;
System. out. println ( "nama:" +t. nama);
System. out. println ( "Semua burung pasti bisa terbang?" +makhlukhidup. hewan. Burung. bisaTerbang);
makhlukhidup. hewan. Burung b=new makhlukhidup. hewan. Burung ( "Beo");
}
}
Outputnya :
Nama: Sayuti
Nama: Palem
Semua burung pasti bisa terbang? true
Nama burung: Beo
E .Membuat program MainMakhlukHidupPakeImport. java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
import makhlukhidup. *;
import makhlukhidup. hewan. *;
public class MainmakhlukhidupPakeImport {
public static void main (String [] args) {
Manusia m=new Manusia ( "Sayuti");
System. out. println ( "nama:" +m. nama);
Tumbuhan t=new Tumbuhan ( "Palem" ;
System. out. println ( "nama:" +t. nama);
System. out. println ( "Semua burung pasti bisa terbang?" +Burung. bisaTerbang) ;
Burung b=new Burung ( "Beo");
}
}
Outputnya :
Nama: Sayuti
Nama: Palem
Semua burung pasti bisa terbang? true
Nama burung: Beo
Program F dan G diletakkan didalam folder makhlukhidup
F. Membuat program ContohString. java
public class ContohString {
public static void main (String [] args) {
String Kalimat= "Selamat belajar JAVA" ;
System. out. println ( "toUpperCase+Kalimat. toUpperCase ());
System. out. println ( "toLowerCase+Kalimat. toLowerCase ());
System. out. println ( "Jumlah karakter:" +Kalimat. leght ()) ;
System. out. println ( "Karakter index ke 0:" +Kalimat. charAt (0));
System. out. println ( "Substring (16, 20):" +Kalimat. substring (16, 20));
System. out. println ( "Karakter index ke 0:" +Kalimat. trim(0));
}
}
Outputnya:
toUpperCase:Selamat belajar JAVA
toLowerCase:Selamat belajar java
Jumlah karakter:20
Karakter index ke 0: s
Substring (16, 20):JAVA
Karakter index ke 0:Selamat belajar JAVA
G. Membuat program OpMatematika. java
public class OpMatematika {
public static void main (String [] args) {
System. out. println ( "E=" +Math.E);
System. out. println ( "PI=" +Math. PI);
System. out. println ( "Ln 20=" +Math. log (20.0));
System. out. println ( "ceil (-5.6)=" +Math.ceil (-5.6));
System. out. println ( "floor(-5.6)=" +Math.floor (-5.6));
System. out. println ( "round(-5.6)=" +Math.round(-5.6));
System. out. println ( "sqrt (25)=" +Math.sqrt (25));
System. out. println ( "pow (25, 0.5)=" +Math.pow (25, 0.5));
}
}
Outputnya:
E=2. 718281828459045
PI=3. 141592653589793
Ln 20=2. 995732273553991
ceil (-5.6) =-5.0
floor (-5.6)=-6
round (-5.6) =-6
sqrt (25) =5
pow (25, 0.5) =5
java JAVA GUI A.Membuat Program cthAWT1.java import java.awt.*; public class cthAWT1 { public static void main(String [] args) { Frame myFrame = new Frame("Contoh program AWT"); Label myLabel = new Label("Selamat belajar JAVA"); myFrame.add(myLabel); myFrame.setSize(200,150); myFrame.show(); } } Outputnya : B.Membuat Program cthAWT2.java import java.awt.*; class frameTurunan extends Frame { Label myLabel = new Label("Selamat Belajar JAVA!"); public frameTurunan(String judul) { setTitle(judul); setSize(200,200); add(myLabel); show(); } } public class cthAWT2 { public static void main(String [] args) { frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan"); } } Outputnya : C.Membuat Program cthSwing1.java import javax.swing.*; public class cthSwing1 { public static void main(String[] args) { JFrame myFrame = new JFrame("Contoh program Swing"); JLabel myLabel = new JLabel("...
Komentar
Posting Komentar