java
Overloading, Overriding, dan Exception
Hy guys, kembali lagi dalam program java. Kalian ini saya akan memaparkan tentang Overloading, Overriding, dan Exception. Overloading adalah suatu kemampuan dalam bahasa berorientasi objek untuk menggunakan satu nama method untuk beberapa method yang memiliki parameter masukan yang berbeda (tipe maupun jumlah parameter). Overriding adalah suatu kemampuan dalam bahasa berorientasi objek untuk mengubah implementasi (menimpa) suatu method yang dimiliki oleh kelas super ketika kelas super tersebut diturunkan. Exception adalah suatu objek error khusus yang dibuat ketika terjadi kesalahan pada suatu program.
Ada tiga kategori error dalam program :
1. Syntax error: terjadi apabila Java compiler menemukan kesalahan pada syntax atau aturan-aturan lainnya pada program.
2. Runtime error: terjadi karena faktor eksternal seperti adanya pembagian dengan nol, input yang tidak sesuai dengan tipe yang diminta atau exception.
3. Logic error terjadi karena kesalahan logika pemrograman.
A. Membuat program SegiTiga. java
class SegiTiga {
public SegiTiga (double panjang) {
System. out. println ( "\nVariabel = segitiganya sama sisi");
System. out. println ( "Panjang =" +panjang);
keliling (panjang);
public SegiTiga (double panjang, double sisiMiring) {
System. out. println ( "\n2Variabel = segitiganya sama kaki");
System. out. println ( "Panjang =" +panjang+ "sisi miring = "+sisiMiring) ;
keliling (panjang., sisiMiring);
}
public void keliling (double panjang) {
tampilkanHasil (panjang*3);
}
public void keliling (double p, double sM) {
tampilkanHasil (2*sM+p);;
}
protected void tampilkanHasil (double h) {
System. out. println ( "Hasil = "+h);
}
}
B. Membuat program MainSegiTiga. java
class MainSegiTiga {
public static void main (String [] args) {
new SegiTiga (7);
new SegiTiga (4, 7);
}
}
Outputnya:
Variabel: segitiganya sama sisi
Panjang : 7
Hasil: 21
2variabel: segitiganya sama kaki
Panjang:4
Sisi miring: 7
Hasil: 18
C. Membuat program OverRiding. java
class OverRiding {
public void MethodAsli () {
System. out. println ( "Method milik class OverRiding dijalankan");
}
public static void main (Strimg [] args) {
OverRiding O = new OverRiding ();
O. MethodAsli () ;
}
}
Outputnya:
Method milik class OverRiding dijalankan
D. Membuat program SubOverRiding. java
class SubOverRiding extends OverRiding {
public void MethodAsli () {
System. out. println ( "Method yang sudah OverRiding dijalankan" );
}
public void MethodAsliSuper () {
System. out. println ( "Method pemanggil MethodAsli dijalankan");
super. MethodAsli () ;
}
public static void main (String [] args) {
SubOverRiding SO = new SubOverRiding ();
SO. MethodAsli ();
SO. MethodAsliSuper () ;
}
}
Outputnya:
Method yang sudah OverRiding dijalankan
Method pemanggil MethodAsli dijalankan
Method milik class OverRiding dijalankan
E. Membuat program TanpaException. java
class TanpaException {
public static void main (String [] args) {
int Nilai = Integer. parseInt (args [0]);
System. out. println ( "Nilai yang dimasukkan :" +Nilai);
}
}
F. Membuat program CobaException. java
class CobaException {
public static void main (String [] args) {
int nilai = 0;
try {
int Nilai = Integer. parseInt (args [0]) ;
System. out. println ( "Nilai yang dimasukkan:" +Nilai) ;
}
catch (Exception e) {
System. out. println ( "Pasti yang diinput bukan Integer");
}
finally {
System. out. println ( "Blok finally tetap dilakukan") ;
}
}
}
Outputnya:
Pasti yang diinput bukan Integer
Blok finally tetap dilakukan
G. Membuat program PembagianNol. java
class PembagianNol {
public static void main (String [] args) {
System. out. println ( "Sebelum pembagian" ;
try {
System. out. println ( 5/0);
}
catch (Throwable T) {
System. out. println ( "Terjadi pembagian nol");
}
System. out. println ( "Sesudah pembagian");
}
}
Outputnya:
Sebelum pembagian
Terjadi pembagian nol
Sesudah pembagian
H. Membuat program TesInputData. java
import java. io. *;
class TesInputData {
public static void main (String [] args) {
BufferedReader BR = new BufferedReader (new InputStreamReader (System. in));
String Input = " ";
try {
System. out. println ( "Masukkan data:") ;
Input = "Salah";
}
finally {
System. out. println ( "Data yang anda masukkan adalah" +Input);
}
}
}
Outputnya:
Masukkan data:
Data yang anda masukkan adalah salah
java JAVA GUI A.Membuat Program cthAWT1.java import java.awt.*; public class cthAWT1 { public static void main(String [] args) { Frame myFrame = new Frame("Contoh program AWT"); Label myLabel = new Label("Selamat belajar JAVA"); myFrame.add(myLabel); myFrame.setSize(200,150); myFrame.show(); } } Outputnya : B.Membuat Program cthAWT2.java import java.awt.*; class frameTurunan extends Frame { Label myLabel = new Label("Selamat Belajar JAVA!"); public frameTurunan(String judul) { setTitle(judul); setSize(200,200); add(myLabel); show(); } } public class cthAWT2 { public static void main(String [] args) { frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan"); } } Outputnya : C.Membuat Program cthSwing1.java import javax.swing.*; public class cthSwing1 { public static void main(String[] args) { JFrame myFrame = new JFrame("Contoh program Swing"); JLabel myLabel = new JLabel("...
Komentar
Posting Komentar