Java 2(Class, Method, Construkor, Modifier, dan object
java
Class, Method, Construktor, Modifier dan Object
23/09/2018
Hy Teman😊 kembali lagi ni dalam pembhasan java. Kali ini praktikumnya memiliki class, method, constructor, modifier, dan object. Okk, lebih lanjut langsung baca aja ya guys.......
A. Membuat Program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10 ;
final int LEBAR = 10 ;
String warna = "kuning" ;
String bentuk ="segiempat";
String data = " " ;
void simpanData (String data1) {
this.data += data1 ;
}
void hapusData ( ) {
data = " " ;
}
String bacaData ( ) {
return data ;
}
}
Outputnya : Tidak memiliki output karena tidak ada fungsi utama
B. Membuat Program MainDisket.java
class MainDisket {
public static void main (String [ ] args ) {
Disket disk1 = new Disket ( ) ;
System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang) ;
System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR ) ;
System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna) ;
System.out.println (" Bentuk disket = "+ disk1.bentuk) ;
System.out.println ("data mula-mula = "+disk1.bacaData ( ) ) ;
disk1.simpanData (" Belajar java") ;
System.out.println (" Setelah SimpanData =
"+disk1.bacaData ( ) ) ;
disk1 hapusData ( ) ;
System.out.println ("Setelah hapusData = "+disk1.bacaData ( ) ) ;
}
}
Outputnya :
Panjang disket = 10
Lebar disket = 10
Warna disket = kuning
Bentuk disket = segiempat
data mula-mula =
Setelah simpan Data Belajar java
Setelah hapusData =
C. Mengimplementasikan konstructor pada class Disket.java
Mengetikan source code pada baris ke 7 dari Disket.java
Disket () {
panjang = 100;
}
Disket (int panjang1) {
this.panjang = panjang1;
}
Outputnya :
karena sudah ditambah 2 method, outputnya menjadi Panjang disket = 100
D.Membuat Program MainDisket.java
Pada baris ke 3 source kode diubah menjadi Disket disk1 = new Disket (50);
class MainDisket {
public stastic void main (String [ ] args ) {
Disket disk1 = new Disket (50) ;
System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang) ;
System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR) ;
System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna) ;
System.out.println ("Bentuk disket = "+ disk1.bentuk) ;
System.out.println ("data mula-mula = "+disk1.bacaData ( ) ) ;
disk1.simpanData ("Belajar java" ) ;
System.out.println ("Setelah SimpanData =
"+disk1.bacaData ( ) ) ;
disk1.hapus Data ( ) ;
System.out.println (" Setelah hapusData = "+disk1.bacaData ( ) ) ;
}
}
Outputnya :
Panjang disket = 50
Lebar disket = 10
Warna disket = kuning
Bentuk disket = segiempat
data mula-mula =
Setelah simpan Data = Belajar java
Setelah hapusData =
Okk guys, sampai disini dulu ya pembahasan tentang javanya, saya lanjut minggu depan lagi ya. Terima kasih buat sudah membaca, semoga bermanfaat.
Komentar
Postingan populer dari blog ini
Dasar-dasarJava
Februari 25, 2018
Hai guys, kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah praktikum JAVA. Sebelum memulai membuat program JAVA, kita harus melakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik Start → All program → Textpad.
2. Klik Configuration → Preferences pada Textpad.
3. Pada bagian File, ubah default file menjadi java.
4. Pada bagian Tools, harus tersedia Compile Java, Run Java Application dan Run Java Applet telah tersedia. Jika belum klik Add dan pilih Java SDK Commands.
5. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.
A. Membuat program Akuntansi.java
public class Akuntansi {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Nama : Widya kristianti") ;
System.out.println ("Nim : 201702030019") ;
System.out.println ("Kelas : 17k01") ;
}
}
Outputnya : Nama : SALSA PRENNY PERANGINANGIN
Nim : 201702030017
Kelas : 17k01
B. Membuat program HelloWorld.java
public class HelloWorld {
public static vo…
java
Class, Method, Construktor, Modifier dan Object
Maret 05, 2018
Hy guys, kembali lagi ni dalam pemahasan java. Kali ini praktikumnya memiliki class, method, constructor, modifier, dan object. Okk, lebih lanjut langsung baca aja ya guys.......
A. Membuat Program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10 ;
final int LEBAR = 10 ;
String warna = "kuning" ;
String bentuk ="segiempat";
String data = " " ;
void simpanData (String data1) {
this.data += data1 ;
}
void hapusData ( ) {
data = " " ;
}
String bacaData ( ) {
return data ;
}
}
Outputnya : Tidak memiliki output karena tidak ada fungsi utama
B. Membuat Program MainDisket.java
class MainDisket {
public static void main (String [ ] args ) {
Disket disk1 = new Disket ( ) ;
System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang) ;
System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR ) ;
System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna) ;
System.out.println (" Bentuk disket = "+ disk1.bentuk) ;
System.out.println ("data mula-mula = "+disk1.bacaData ( ) ) ;
disk1.simpanData (" Belajar java") ;
System.out.println (" Setelah SimpanData =
"+disk1.bacaData ( ) ) ;
disk1 hapusData ( ) ;
System.out.println ("Setelah hapusData = "+disk1.bacaData ( ) ) ;
}
}
Outputnya :
Panjang disket = 10
Lebar disket = 10
Warna disket = kuning
Bentuk disket = segiempat
data mula-mula =
Setelah simpan Data Belajar java
Setelah hapusData =
C. Mengimplementasikan konstructor pada class Disket.java
Mengetikan source code pada baris ke 7 dari Disket.java
Disket () {
panjang = 100;
}
Disket (int panjang1) {
this.panjang = panjang1;
}
Outputnya :
karena sudah ditambah 2 method, outputnya menjadi Panjang disket = 100
D.Membuat Program MainDisket.java
Pada baris ke 3 source kode diubah menjadi Disket disk1 = new Disket (50);
class MainDisket {
public stastic void main (String [ ] args ) {
Disket disk1 = new Disket (50) ;
System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang) ;
System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR) ;
System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna) ;
System.out.println ("Bentuk disket = "+ disk1.bentuk) ;
System.out.println ("data mula-mula = "+disk1.bacaData ( ) ) ;
disk1.simpanData ("Belajar java" ) ;
System.out.println ("Setelah SimpanData =
"+disk1.bacaData ( ) ) ;
disk1.hapus Data ( ) ;
System.out.println (" Setelah hapusData = "+disk1.bacaData ( ) ) ;
}
}
Outputnya :
Panjang disket = 50
Lebar disket = 10
Warna disket = kuning
Bentuk disket = segiempat
data mula-mula =
Setelah simpan Data = Belajar java
Setelah hapusData =
Okk guys, sampai disini dulu ya pembahasan tentang javanya, saya lanjut minggu depan lagi ya. Terima kasih buat sudah membaca, semoga bermanfaat.
Komentar
Postingan populer dari blog ini
Dasar-dasarJava
Februari 25, 2018
Hai guys, kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah praktikum JAVA. Sebelum memulai membuat program JAVA, kita harus melakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik Start → All program → Textpad.
2. Klik Configuration → Preferences pada Textpad.
3. Pada bagian File, ubah default file menjadi java.
4. Pada bagian Tools, harus tersedia Compile Java, Run Java Application dan Run Java Applet telah tersedia. Jika belum klik Add dan pilih Java SDK Commands.
5. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.
A. Membuat program Akuntansi.java
public class Akuntansi {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Nama : Widya kristianti") ;
System.out.println ("Nim : 201702030019") ;
System.out.println ("Kelas : 17k01") ;
}
}
Outputnya : Nama : SALSA PRENNY PERANGINANGUN
Nim : 201702030017
Kelas : 17k01
B. Membuat program HelloWorld.java
public class HelloWorld {
public static vo…
BACA SELENGKAPNYA
Package dan Java Kelas
April 13, 2018
Hy guys kembali lagi dalam pembahasan java. Kali ini pembahasannya berjudul Package dan Java Kelas. Package dipakai untuk mengelompokkan file kelas yang terkait pada direktori yang sama, dimana dalam setiap kelasnya terdapat directive package yang mengacu pada direktori tersebut. Java kelas dibagi 2 yaitu kelas string dan kelas math. Kelas String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas Math adalah kelas yang terdapat pada paket java. lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Langkah-langkah Praktikum
Pertama buat folder baru yang berjudul makhlukhidup
A. Membuat program Manusia. java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama= " ";
public Manusia (String nama) {
this. nama=nama;
}
}
B. Membuat program Tumbuhan. java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama= " ";
public Tumbuha…
BACA SELENGKAPNYA
Diberdayakan oleh Blogger
Gambar tema oleh Michael Elkan
Foto saya
WIDYA KRISTIANTI
KUNJUNGI PROFIL
Arsip
Laporkan Penyalahgunaan
Package dan Java Kelas
April 13, 2018
Hy guys kembali lagi dalam pembahasan java. Kali ini pembahasannya berjudul Package dan Java Kelas. Package dipakai untuk mengelompokkan file kelas yang terkait pada direktori yang sama, dimana dalam setiap kelasnya terdapat directive package yang mengacu pada direktori tersebut. Java kelas dibagi 2 yaitu kelas string dan kelas math. Kelas String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas Math adalah kelas yang terdapat pada paket java. lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Langkah-langkah Praktikum
Pertama buat folder baru yang berjudul makhlukhidup
A. Membuat program Manusia. java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama= " ";
public Manusia (String nama) {
this. nama=nama;
}
}
B. Membuat program Tumbuhan. java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama= " ";
public Tumbuha…
Komentar
Posting Komentar