java
Abstract class, Interface, Inner class
September 23 2018
Hy Coýyy kembali lagi ne dalam pembahasan java, kali ini mengenai abstract class, interface, dan inner class. Abstract class adalah suatu kelas yang dinyatakan abstract, umumnya memiliki suatu atau lebih abstract method.
Interface adalah suatu kelas yang berisi method-method tanpa implementasi, namun tanpa modifier abstract, apabila suatu interface memiliki atribut, maka atributnya akan berlaku sebagai konstanta.
Inner class adalah kelas yang disisipkan didalam kelas yang lain.
A. Membuat program MakhlukHidup. java
public abstract class MakhlukHidup {
protected boolean BisaTerbang = false;
protected String Nama;
protected int JlhKaki;
public MakhlukHidup (String Nama1, Int JlhKaki, boolean BisaTerbang1) {
this. Nama =Nama1;
this. JlhKaki = JlhKaki1;
this. BisaTerbang = BisaTerbang1;
}
abstract void bernafas ();
public void status () {
System. out. println ( "Nama :" +Nama);
System. out. println ( "Jumlah kaki :" +JlhKaki);
System. out. println ( "Bisa terbang : +BisaTerbang);
}
}
B. Membuat program Manusia. java
public class Manusia extenda MakhlukHidup {
Manusia (String nama) {
super (nama, 2, false);
}
public void bernafas () {
System. out. println ( Nama+ " bernafas dengan menghirup O2");
}
public stastic void main (String [] args) {
Manusia m = new Manusia ( "Sayuti");
m. status ();
m. bernafas ();
}
}
Outputnya :
Nama : Sayuti
JlhKaki: 2
BisaTerbang: false
Sayuti bernafas dengan menghirup O2
C. Membuat program Tumbuhan. java
public class Tumbuhan extends MakhlukHidup {
Tumbuhan () {
super (nama, 0, false);
}
public void bernafas () {
System. out. println (nama+ " bernafas dengam menghirup CO2");
}
public static void main (String [] args) {
Tumbuhan to = new Tumbuhan ( "Bayam") ;
t. status ();
t. bernafas ();
}
}
Outputnya :
Nama: Bayam
JlhKaki: 0
BisaTerbang: false
Bayam bernafas dengan menghirup CO2
D. Membuat program Pekerjaan. java
interface Pekerjaan {
public void namaPekerjaan () ;
public void gaji ();
}
E. Membuat program Sasya. java
public class Sasya extends Manusia implements Pekerjaan {
public Sasya () {
super ( "Sasya") ;
}
public void NamaPekerjaan () {
System. out. println ( "Pekerjaan: Sekretaris );
}
public void gaji () {
System. out. println ( "Gaji:Rp. 3.000.000" ;
}
public static void main (String [] args) {
Sasya s = new Sasya () ;
s. status ();
s. bernafas ();;
s. namaPekerjaan ();
s. gaji ();
}
}
Outputnya :
Nama:Sasya
JlhKaki:2
BisaTerbang:false
Sasya bernafas dengan menghirup O2
Pekerjaan:Sekretaris
Gaji:Rp. 3.000.000
F. Membuat program JantungManusia. java
class Orang {
private int JumlKaki = 2;
public void dengarBunyiJantung () {
Jantung j = new Jantung ();
j. bunyiJantung ();
}
public void tahanNafas () {
System. out. println ( "deg.... deg..... deg....") ;
}
public void istirahat () {
System. out. println ( "Silangkan ke "+jumlKaki+" kaki. ")
tahanNafas ();
}
}
}
class JantungManusia {
public static void main (String [] args) {
orang o = new Orang ();
orang. jantung p = o. Newcastle Jantung ();
o. dengarBunyiJantung ();
p. istirahat ();
}
}
Outputnya:
deg.....deg....deg....
silangkan ke 2 kaki
jantung berhenti berdetak
java JAVA GUI A.Membuat Program cthAWT1.java import java.awt.*; public class cthAWT1 { public static void main(String [] args) { Frame myFrame = new Frame("Contoh program AWT"); Label myLabel = new Label("Selamat belajar JAVA"); myFrame.add(myLabel); myFrame.setSize(200,150); myFrame.show(); } } Outputnya : B.Membuat Program cthAWT2.java import java.awt.*; class frameTurunan extends Frame { Label myLabel = new Label("Selamat Belajar JAVA!"); public frameTurunan(String judul) { setTitle(judul); setSize(200,200); add(myLabel); show(); } } public class cthAWT2 { public static void main(String [] args) { frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan"); } } Outputnya : C.Membuat Program cthSwing1.java import javax.swing.*; public class cthSwing1 { public static void main(String[] args) { JFrame myFrame = new JFrame("Contoh program Swing"); JLabel myLabel = new JLabel("...
Komentar
Posting Komentar