Dasar-Dasar Java (JAVA 1).
JAVA
Dasar-dasarJava
JAVA 1
kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah praktikum JAVA. 5 langkah-langkah pratikum Java:
1. Klik Start → All program → Textpad.
2. Klik Configuration → Preferences pada Textpad.
3. Pada bagian File, ubah default file menjadi java.
4. Pada bagian Tools, harus tersedia Compile Java, Run Java Application dan Run Java Applet telah tersedia. Jika belum klik Add dan pilih Java SDK Commands.
5. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.
A. Membuat program Akuntansi.java
public class Akuntansi {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Nama : Salsa peranginangin ") ;
System.out.println ("Nim : 201702030017") ;
System.out.println ("Kelas : 17k01") ;
}
}
Outputnya : Nama : Salsa Prenny Peranginangin
Nim : 201702030017
Kelas : 17k01
B. Membuat program HelloWorld.java
public class HelloWorld {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Hello World from JAVA") ;
}
}
Outputnya : Hello World from JAVA
C. Membuat program TesTipeData.java
class TesTipeData {
public static void main (String [] args) {
byte b = 1 ;
short s = 100 ;
int i = 1000 ;
long l = 10000 ;
char c = 'a' ;
float f = 3.14f ;
double d = 3.14 ;
boolean t = true ;
final double PI = 3.14 ;
System.out.println ("byte "+b) ;
System.out.println ("short "+s) ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 010 ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 0XFF ;
System.out.println ("int "+i+"octal mode") ;
System.out.println ("long "+l) ;
System.out.println ("char "+c) ;
System.out.println ("float "+f) ;
System.out.println ("double "+d) ;
System.out.println ("boolean "+t) ;
System.out.println ("PI "+PI) ;
}
}
Outputnya : byte 1
short 100
int 1000
int 8octal mode
int 255hexa mode
long 10000
char a
float 3.14
double 3.14
boolean true
PI 3.14
D. Membuat program TesKeputusan.java
class TesKeputusan {
public static void main (String [] args) {
char jeniskelamin = 'W' ;
//nested if
if (jeniskelamin=='L')
System.out.println ("Cowok") ;
else if (jeniskelamin=='P')
System.out.println ("Cewek") ;
else
System.out.println ("Banci") ;
//ternary
System.out.println (jeniskelamin=='P'? "Dia pasti cowok.":
"Dia pasti cewek") ;
//switch case
switch (jeniskelamin) {
case 'P' : System.out.println ("Cowok") ;
break ;
case 'L' : System.out.println ("Cewek") ;
break ;
default : System.out.println ("Banci") ;
break ;
Outputnya : Banci
Dia pasti cewek
Banci
E. Membuat program TesPerulangan
public class TesPerulangan {
public static void main (String [] args) {
int i ;
//for
System.out.println ("Perulangan For...") ;
for (i=0 ; i<10 ; i++)
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
//while
System.out.println ("Perulangan While...") ;
i=0 ;
while (i<10) {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
//do while
System.out.println ("Perulangan Do While...") ;
i=0 ;
do {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
while (i<10) ;
}
}
Outputnya : Perulangan For...
Perulangan ke : 0
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan while...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan Do While...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
A. Membuat Program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10 ;
final int LEBAR = 10 ;
String warna = "kuning" ;
String bentuk ="segiempat";
String data = " " ;
void simpanData (String data1) {
this.data += data1 ;
}
void hapusData ( ) {
data = " " ;
}
String bacaData ( ) {
return data ;
}
}
Outputnya : Tidak memiliki output karena tidak ada fungsi utama
B. Membuat Program MainDisket.java
class MainDisket {
public static void main (String [ ] args ) {
Disket disk1 = new Disket ( ) ;
System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang) ;
System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR ) ;
System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna) ;
System.out.println (" Bentuk disket = "+ disk1.bentuk) ;
System.out.println ("data mula-mula = &quo…
BACA SELENGKAPNYA
Package dan Java Kelas
Kali ini pembahasannya berjudul Package dan Java Kelas. Package dipakai untuk mengelompokkan file kelas yang terkait pada direktori yang sama, dimana dalam setiap kelasnya terdapat directive package yang mengacu pada direktori tersebut. Java kelas dibagi 2 yaitu kelas string dan kelas math. Kelas String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas Math adalah kelas yang terdapat pada paket java. lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Langkah-langkah Praktikum
Pertama buat folder baru yang berjudul makhlukhidup
A. Membuat program Manusia. java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama= " ";
public Manusia (String nama) {
this. nama=nama;
}
}
B. Membuat program Tumbuhan. java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama= " ";
public Tumbuha…
java
Dasar-dasarJava
Februari 25, 2018
Hai guys, kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah praktikum JAVA. Sebelum memulai membuat program JAVA, kita harus melakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik Start → All program → Textpad.
2. Klik Configuration → Preferences pada Textpad.
3. Pada bagian File, ubah default file menjadi java.
4. Pada bagian Tools, harus tersedia Compile Java, Run Java Application dan Run Java Applet telah tersedia. Jika belum klik Add dan pilih Java SDK Commands.
5. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.
A. Membuat program Akuntansi.java
public class Akuntansi {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Nama : Widya kristianti") ;
System.out.println ("Nim : 201702030019") ;
System.out.println ("Kelas : 17k01") ;
}
}
Outputnya : Nama : SALSA PRENNY PERANGINANGIN
Nim : 201702030017
Kelas : 17K01
B. Membuat program HelloWorld.java
public class HelloWorld {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Hello World from JAVA") ;
}
}
Outputnya : Hello World from JAVA
C. Membuat program TesTipeData.java
class TesTipeData {
public static void main (String [] args) {
byte b = 1 ;
short s = 100 ;
int i = 1000 ;
long l = 10000 ;
char c = 'a' ;
float f = 3.14f ;
double d = 3.14 ;
boolean t = true ;
final double PI = 3.14 ;
System.out.println ("byte "+b) ;
System.out.println ("short "+s) ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 010 ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 0XFF ;
System.out.println ("int "+i+"octal mode") ;
System.out.println ("long "+l) ;
System.out.println ("char "+c) ;
System.out.println ("float "+f) ;
System.out.println ("double "+d) ;
System.out.println ("boolean "+t) ;
System.out.println ("PI "+PI) ;
}
}
Outputnya : byte 1
short 100
int 1000
int 8octal mode
int 255hexa mode
long 10000
char a
float 3.14
double 3.14
boolean true
PI 3.14
D. Membuat program TesKeputusan.java
class TesKeputusan {
public static void main (String [] args) {
char jeniskelamin = 'W' ;
//nested if
if (jeniskelamin=='L')
System.out.println ("Cowok") ;
else if (jeniskelamin=='P')
System.out.println ("Cewek") ;
else
System.out.println ("Banci") ;
//ternary
System.out.println (jeniskelamin=='P'? "Dia pasti cowok.":
"Dia pasti cewek") ;
//switch case
switch (jeniskelamin) {
case 'P' : System.out.println ("Cowok") ;
break ;
case 'L' : System.out.println ("Cewek") ;
break ;
default : System.out.println ("Banci") ;
break ;
Outputnya : Banci
Dia pasti cewek
Banci
E. Membuat program TesPerulangan
public class TesPerulangan {
public static void main (String [] args) {
int i ;
//for
System.out.println ("Perulangan For...") ;
for (i=0 ; i<10 ; i++)
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
//while
System.out.println ("Perulangan While...") ;
i=0 ;
while (i<10) {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
//do while
System.out.println ("Perulangan Do While...") ;
i=0 ;
do {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
while (i<10) ;
}
}
Outputnya : Perulangan For...
Perulangan ke : 0
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan while...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan Do While...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Sekian dulu pembahasan kali ini, saya lanjutkan minggu depan ya guys. Terima kasih.
Komentar
Postingan populer dari blog ini
Class, Method, Construktor, Modifier dan Object
Maret 05, 2018
Hy guys, kembali lagi ni dalam pemahasan java. Kali ini praktikumnya memiliki class, method, constructor, modifier, dan object. Okk, lebih lanjut langsung baca aja ya guys.......
A. Membuat Program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10 ;
final int LEBAR = 10 ;
String warna = "kuning" ;
String bentuk ="segiempat";
String data = " " ;
void simpanData (String data1) {
this.data += data1 ;
}
void hapusData ( ) {
data = " " ;
}
String bacaData ( ) {
return data ;
}
}
Outputnya : Tidak memiliki output karena tidak ada fungsi utama
B. Membuat Program MainDisket.java
class MainDisket {
public static void main (String [ ] args ) {
Disket disk1 = new Disket ( ) ;
System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang) ;
System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR ) ;
System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna) ;
System.out.println (" Bentuk disket = "+ disk1.bentuk) ;
System.out.println ("data mula-mula = &quo…
BACA SELENGKAPNYA
Package dan Java Kelas
April 13, 2018
Hy guys kembali lagi dalam pembahasan java. Kali ini pembahasannya berjudul Package dan Java Kelas. Package dipakai untuk mengelompokkan file kelas yang terkait pada direktori yang sama, dimana dalam setiap kelasnya terdapat directive package yang mengacu pada direktori tersebut. Java kelas dibagi 2 yaitu kelas string dan kelas math. Kelas String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas Math adalah kelas yang terdapat pada paket java. lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Langkah-langkah Praktikum
Pertama buat folder baru yang berjudul makhlukhidup
A. Membuat program Manusia. java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama= " ";
public Manusia (String nama) {
this. nama=nama;
}
}
B. Membuat program Tumbuhan. java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama= " ";
public Tumbuha…
java
java
Dasar-dasarJava
kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah praktikum JAVA. Sebelum memulai membuat program JAVA, kita harus melakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik Start → All program → Textpad.
2. Klik Configuration → Preferences pada Textpad.
3. Pada bagian File, ubah default file menjadi java.
4. Pada bagian Tools, harus tersedia Compile Java, Run Java Application dan Run Java Applet telah tersedia. Jika belum klik Add dan pilih Java SDK Commands.
5. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.
A. Membuat program Akuntansi.java
public class Akuntansi {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Nama : Widya kristianti") ;
System.out.println ("Nim : 201702030019") ;
System.out.println ("Kelas : 17k01") ;
}
}
Outputnya : Nama : Widya kristianti
Nim : 201702030019
Kelas : 17k01
B. Membuat program HelloWorld.java
public class HelloWorld {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Hello World from JAVA") ;
}
}
Outputnya : Hello World from JAVA
C. Membuat program TesTipeData.java
class TesTipeData {
public static void main (String [] args) {
byte b = 1 ;
short s = 100 ;
int i = 1000 ;
long l = 10000 ;
char c = 'a' ;
float f = 3.14f ;
double d = 3.14 ;
boolean t = true ;
final double PI = 3.14 ;
System.out.println ("byte "+b) ;
System.out.println ("short "+s) ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 010 ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 0XFF ;
System.out.println ("int "+i+"octal mode") ;
System.out.println ("long "+l) ;
System.out.println ("char "+c) ;
System.out.println ("float "+f) ;
System.out.println ("double "+d) ;
System.out.println ("boolean "+t) ;
System.out.println ("PI "+PI) ;
}
}
Outputnya : byte 1
short 100
int 1000
int 8octal mode
int 255hexa mode
long 10000
char a
float 3.14
double 3.14
boolean true
PI 3.14
D. Membuat program TesKeputusan.java
class TesKeputusan {
public static void main (String [] args) {
char jeniskelamin = 'W' ;
//nested if
if (jeniskelamin=='L')
System.out.println ("Cowok") ;
else if (jeniskelamin=='P')
System.out.println ("Cewek") ;
else
System.out.println ("Banci") ;
//ternary
System.out.println (jeniskelamin=='P'? "Dia pasti cowok.":
"Dia pasti cewek") ;
//switch case
switch (jeniskelamin) {
case 'P' : System.out.println ("Cowok") ;
break ;
case 'L' : System.out.println ("Cewek") ;
break ;
default : System.out.println ("Banci") ;
break ;
Outputnya : Banci
Dia pasti cewek
Banci
E. Membuat program TesPerulangan
public class TesPerulangan {
public static void main (String [] args) {
int i ;
//for
System.out.println ("Perulangan For...") ;
for (i=0 ; i<10 ; i++)
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
//while
System.out.println ("Perulangan While...") ;
i=0 ;
while (i<10) {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
//do while
System.out.println ("Perulangan Do While...") ;
i=0 ;
do {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
while (i<10) ;
}
}
Outputnya : Perulangan For...
Perulangan ke : 0
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan while...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan Do While...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Sekian dulu pembahasan kali ini, saya lanjutkan minggu depan ya guys. Terima kasih.
Komentar
Postingan populer dari blog ini
Class, Method, Construktor, Modifier dan Object
Maret 05, 2018
Hy guys, kembali lagi ni dalam pemahasan java. Kali ini praktikumnya memiliki class, method, constructor, modifier, dan object. Okk, lebih lanjut langsung baca aja ya guys.......
A. Membuat Program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10 ;
final int LEBAR = 10 ;
String warna = "kuning" ;
String bentuk ="segiempat";
String data = " " ;
void simpanData (String data1) {
this.data += data1 ;
}
void hapusData ( ) {
data = " " ;
}
String bacaData ( ) {
return data ;
}
}
Outputnya : Tidak memiliki output karena tidak ada fungsi utama
B. Membuat Program MainDisket.java
class MainDisket {
public static void main (String [ ] args ) {
Disket disk1 = new Disket ( ) ;
System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang) ;
System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR ) ;
System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna) ;
System.out.println (" Bentuk disket = "+ disk1.bentuk) ;
System.out.println ("data mula-mula = &quo…
BACA SELENGKAPNYA
Package dan Java Kelas
April 13, 2018
Hy guys kembali lagi dalam pembahasan java. Kali ini pembahasannya berjudul Package dan Java Kelas. Package dipakai untuk mengelompokkan file kelas yang terkait pada direktori yang sama, dimana dalam setiap kelasnya terdapat directive package yang mengacu pada direktori tersebut. Java kelas dibagi 2 yaitu kelas string dan kelas math. Kelas String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas Math adalah kelas yang terdapat pada paket java. lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Langkah-langkah Praktikum
Pertama buat folder baru yang berjudul makhlukhidup
A. Membuat program Manusia. java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama= " ";
public Manusia (String nama) {
this. nama=nama;
}
}
B. Membuat program Tumbuhan. java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama= " ";
public Tumbuha…
BACA SELENGKAPNYA
Diberdayakan oleh Blogger
Gambar tema oleh Michael Elkan
Foto saya
WIDYA KRISTIANTI
KUNJUNGI PROFIL
Arsip
Laporkan Penyalahgunaan
java
java
Dasar-dasarJava
Februari 25, 2018
Hai guys, kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah praktikum JAVA. Sebelum memulai membuat program JAVA, kita harus melakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik Start → All program → Textpad.
2. Klik Configuration → Preferences pada Textpad.
3. Pada bagian File, ubah default file menjadi java.
4. Pada bagian Tools, harus tersedia Compile Java, Run Java Application dan Run Java Applet telah tersedia. Jika belum klik Add dan pilih Java SDK Commands.
5. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.
A. Membuat program Akuntansi.java
public class Akuntansi {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Nama : Widya kristianti") ;
System.out.println ("Nim : 201702030019") ;
System.out.println ("Kelas : 17k01") ;
}
}
Outputnya : Nama : Widya kristianti
Nim : 201702030019
Kelas : 17k01
B. Membuat program HelloWorld.java
public class HelloWorld {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Hello World from JAVA") ;
}
}
Outputnya : Hello World from JAVA
C. Membuat program TesTipeData.java
class TesTipeData {
public static void main (String [] args) {
byte b = 1 ;
short s = 100 ;
int i = 1000 ;
long l = 10000 ;
char c = 'a' ;
float f = 3.14f ;
double d = 3.14 ;
boolean t = true ;
final double PI = 3.14 ;
System.out.println ("byte "+b) ;
System.out.println ("short "+s) ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 010 ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 0XFF ;
System.out.println ("int "+i+"octal mode") ;
System.out.println ("long "+l) ;
System.out.println ("char "+c) ;
System.out.println ("float "+f) ;
System.out.println ("double "+d) ;
System.out.println ("boolean "+t) ;
System.out.println ("PI "+PI) ;
}
}
Outputnya : byte 1
short 100
int 1000
int 8octal mode
int 255hexa mode
long 10000
char a
float 3.14
double 3.14
boolean true
PI 3.14
D. Membuat program TesKeputusan.java
class TesKeputusan {
public static void main (String [] args) {
char jeniskelamin = 'W' ;
//nested if
if (jeniskelamin=='L')
System.out.println ("Cowok") ;
else if (jeniskelamin=='P')
System.out.println ("Cewek") ;
else
System.out.println ("Banci") ;
//ternary
System.out.println (jeniskelamin=='P'? "Dia pasti cowok.":
"Dia pasti cewek") ;
//switch case
switch (jeniskelamin) {
case 'P' : System.out.println ("Cowok") ;
break ;
case 'L' : System.out.println ("Cewek") ;
break ;
default : System.out.println ("Banci") ;
break ;
Outputnya : Banci
Dia pasti cewek
Banci
E. Membuat program TesPerulangan
public class TesPerulangan {
public static void main (String [] args) {
int i ;
//for
System.out.println ("Perulangan For...") ;
for (i=0 ; i<10 ; i++)
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
//while
System.out.println ("Perulangan While...") ;
i=0 ;
while (i<10) {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
//do while
System.out.println ("Perulangan Do While...") ;
i=0 ;
do {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
while (i<10) ;
}
}
Outputnya : Perulangan For...
Perulangan ke : 0
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan while...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan Do While...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Sekian dulu pembahasan kali ini, saya lanjutkan minggu depan ya guys. Terima kasih.
Komentar
Postingan populer dari blog ini
Class, Method, Construktor, Modifier dan Object
Maret 05, 2018
Hy guys, kembali lagi ni dalam pemahasan java. Kali ini praktikumnya memiliki class, method, constructor, modifier, dan object. Okk, lebih lanjut langsung baca aja ya guys.......
A. Membuat Program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10 ;
final int LEBAR = 10 ;
String warna = "kuning" ;
String bentuk ="segiempat";
String data = " " ;
void simpanData (String data1) {
this.data += data1 ;
}
void hapusData ( ) {
data = " " ;
}
String bacaData ( ) {
return data ;
}
}
Outputnya : Tidak memiliki output karena tidak ada fungsi utama
B. Membuat Program MainDisket.java
class MainDisket {
public static void main (String [ ] args ) {
Disket disk1 = new Disket ( ) ;
System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang) ;
System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR ) ;
System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna) ;
System.out.println (" Bentuk disket = "+ disk1.bentuk) ;
System.out.println ("data mula-mula = &quo…
BACA SELENGKAPNYA
Package dan Java Kelas
April 13, 2018
Hy guys kembali lagi dalam pembahasan java. Kali ini pembahasannya berjudul Package dan Java Kelas. Package dipakai untuk mengelompokkan file kelas yang terkait pada direktori yang sama, dimana dalam setiap kelasnya terdapat directive package yang mengacu pada direktori tersebut. Java kelas dibagi 2 yaitu kelas string dan kelas math. Kelas String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas Math adalah kelas yang terdapat pada paket java. lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Langkah-langkah Praktikum
Pertama buat folder baru yang berjudul makhlukhidup
A. Membuat program Manusia. java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama= " ";
public Manusia (String nama) {
this. nama=nama;
}
}
B. Membuat program Tumbuhan. java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama= " ";
public Tumbuha…
BACA SELENGKAPNYA
Diberdayakan oleh Blogger
Gambar tema oleh Michael Elkan
Foto saya
WIDYA KRISTIANTI
KUNJUNGI PROFIL
Arsip
Laporkan Penyalahgunaan
java
java
Dasar-dasarJava
Februari 25, 2018
Hai guys, kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah praktikum JAVA. Sebelum memulai membuat program JAVA, kita harus melakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik Start → All program → Textpad.
2. Klik Configuration → Preferences pada Textpad.
3. Pada bagian File, ubah default file menjadi java.
4. Pada bagian Tools, harus tersedia Compile Java, Run Java Application dan Run Java Applet telah tersedia. Jika belum klik Add dan pilih Java SDK Commands.
5. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.
A. Membuat program Akuntansi.java
public class Akuntansi {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Nama : Widya kristianti") ;
System.out.println ("Nim : 201702030019") ;
System.out.println ("Kelas : 17k01") ;
}
}
Outputnya : Nama : Widya kristianti
Nim : 201702030019
Kelas : 17k01
B. Membuat program HelloWorld.java
public class HelloWorld {
public static void main (String [] args) {
System.out.println ("Hello World from JAVA") ;
}
}
Outputnya : Hello World from JAVA
C. Membuat program TesTipeData.java
class TesTipeData {
public static void main (String [] args) {
byte b = 1 ;
short s = 100 ;
int i = 1000 ;
long l = 10000 ;
char c = 'a' ;
float f = 3.14f ;
double d = 3.14 ;
boolean t = true ;
final double PI = 3.14 ;
System.out.println ("byte "+b) ;
System.out.println ("short "+s) ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 010 ;
System.out.println ("int "+i) ;
i = 0XFF ;
System.out.println ("int "+i+"octal mode") ;
System.out.println ("long "+l) ;
System.out.println ("char "+c) ;
System.out.println ("float "+f) ;
System.out.println ("double "+d) ;
System.out.println ("boolean "+t) ;
System.out.println ("PI "+PI) ;
}
}
Outputnya : byte 1
short 100
int 1000
int 8octal mode
int 255hexa mode
long 10000
char a
float 3.14
double 3.14
boolean true
PI 3.14
D. Membuat program TesKeputusan.java
class TesKeputusan {
public static void main (String [] args) {
char jeniskelamin = 'W' ;
//nested if
if (jeniskelamin=='L')
System.out.println ("Cowok") ;
else if (jeniskelamin=='P')
System.out.println ("Cewek") ;
else
System.out.println ("Banci") ;
//ternary
System.out.println (jeniskelamin=='P'? "Dia pasti cowok.":
"Dia pasti cewek") ;
//switch case
switch (jeniskelamin) {
case 'P' : System.out.println ("Cowok") ;
break ;
case 'L' : System.out.println ("Cewek") ;
break ;
default : System.out.println ("Banci") ;
break ;
Outputnya : Banci
Dia pasti cewek
Banci
E. Membuat program TesPerulangan
public class TesPerulangan {
public static void main (String [] args) {
int i ;
//for
System.out.println ("Perulangan For...") ;
for (i=0 ; i<10 ; i++)
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
//while
System.out.println ("Perulangan While...") ;
i=0 ;
while (i<10) {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
//do while
System.out.println ("Perulangan Do While...") ;
i=0 ;
do {
System.out.println ("Perulangan ke :"+i) ;
i++ ;
}
while (i<10) ;
}
}
Outputnya : Perulangan For...
Perulangan ke : 0
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan while...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Perulangan Do While...
Perulangan ke : 1
Perulangan ke : 2
Perulangan ke : 3
Perulangan ke : 4
Perulangan ke : 5
Perulangan ke : 6
Perulangan ke : 7
Perulangan ke : 8
Perulangan ke : 9
Sekian dulu pembahasan kali ini, saya lanjutkan minggu depan ya guys. Terima kasih.
Komentar
Postingan populer dari blog ini
Class, Method, Construktor, Modifier dan Object
Maret 05, 2018
Hy guys, kembali lagi ni dalam pemahasan java. Kali ini praktikumnya memiliki class, method, constructor, modifier, dan object. Okk, lebih lanjut langsung baca aja ya guys.......
A. Membuat Program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10 ;
final int LEBAR = 10 ;
String warna = "kuning" ;
String bentuk ="segiempat";
String data = " " ;
void simpanData (String data1) {
this.data += data1 ;
}
void hapusData ( ) {
data = " " ;
}
String bacaData ( ) {
return data ;
}
}
Outputnya : Tidak memiliki output karena tidak ada fungsi utama
B. Membuat Program MainDisket.java
class MainDisket {
public static void main (String [ ] args ) {
Disket disk1 = new Disket ( ) ;
System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang) ;
System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR ) ;
System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna) ;
System.out.println (" Bentuk disket = "+ disk1.bentuk) ;
System.out.println ("data mula-mula = &quo…
BACA SELENGKAPNYA
Package dan Java Kelas
April 13, 2018
Hy guys kembali lagi dalam pembahasan java. Kali ini pembahasannya berjudul Package dan Java Kelas. Package dipakai untuk mengelompokkan file kelas yang terkait pada direktori yang sama, dimana dalam setiap kelasnya terdapat directive package yang mengacu pada direktori tersebut. Java kelas dibagi 2 yaitu kelas string dan kelas math. Kelas String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas Math adalah kelas yang terdapat pada paket java. lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Langkah-langkah Praktikum
Pertama buat folder baru yang berjudul makhlukhidup
A. Membuat program Manusia. java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama= " ";
public Manusia (String nama) {
this. nama=nama;
}
}
B. Membuat program Tumbuhan. java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama= " ";
public
java
Dasar-dasarJava
Februari 25, 2018
Hai guys, kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah praktikum JAVA. Sebelum memulai membuat program JAVA, kita harus melakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik Start → All program → Textpad.
2. Klik Configuration → Preferences pada Textpad.
3. Pada bagian File, ubah default file menjadi java.
4. Pada bagian Tools, harus tersedia Compile Java, Run Java Application dan Run Java Applet telah tersedia. Jika belum klik Add dan pilih Java SDK Commands.
5. Klik OK
Komentar
Posting Komentar